June 28, 2016 Bermano Reiko

Masih Pindahan dri postingan lama saya di forum,
kali ini saya post thread baru mengenai cara bikin chrono sendiri dengan biaya murah atau bahkan gratis sma sekali.
gratis disini maksudnya kalo kebetulan bahannya ada di sekitar rumah, karena memang bahannya biasa kita temukan di gudang, tapi kalo toh beli rasanya nggak sampai 10rb.

Rasanya punya unit airsoft banyak tapi kalo nggak punya crono sendiri di rumah sepertinya ada yg kurang yah, terutama buat yang suka bongkar2 sendiri, soalnya selama ini yang selalu dijadikan standard ukuran/patokan semua tipe airgun dan airsoft adalah FPS,
pastikan selalu yang ditanya FPSnya berapa? sementara buat ngukur FPS harus punya chrono.
buat beli chrono harganya muahalll banget(* setidaknya buat saya, buat beberapa orang mungkin harga 800rb-an nggak ada artinya ).
kalo toh punya duit segitu mending digunakan untuk keperluan lain, atau  buat beli unit lagi. hehe.. 😀 (ini personal opinion yah).

buat agan2 dan masbro di rumah yang saat ini belum punya chrono, dan males beli chrono mungkin tips berikut ini patut dicoba.

pertama siapkan dulu bahannya berupa pipa kira2 2 inchi, dan panjang kira2 30cm atau 45 cm,
sebenernya panjangnya bebas, tinggal sesuaikan nanti jarak antara titik pangkal LED dan titik ujung LED yang satunya lagi di softwarenya.

bentuk kira2 begini
photo1

setelah itu siapkan IR Led sebayak 2 biji, dan IR receivernya 2 biji, kalo yang ini gw ngambil dari bekas TV tuner gw yang rusak.
jadi antara tv tuner dan remotenya itu memiliki IR LED dan dan Receiver yang berpaasangan dan sudah pasti cocok.
dan beruntungnya gw memang memiliki 2 tv tuner yang jebol hehehe… 😀 kalo toh beli paling juga sekitar 4rb perak di toko electronic.
dan dirangkai seperti gambar berikut:

diychronograph110731

buat powernya bisa ngambil dari kabel USB laptop, tapi diturunkan tegangannya dengan resistor, atau pakai batere 1,5v terpisah.
receivernya dimasukin ke jack microphone, seperti di gambar
terus tinggal colok deh ke port microphone di laptop.

Terakhir download software chrononya melalui link berikut:
https://www.dropbox.com/s/2eghcs17mynm6ip/SoftChrono_beta1.ZIP?dl=0

dan jalanin.. exe. nya taraaaaa, jadi deh punya chrono sendiri.

photo2

Note:
– gratis dan murah ini dengan catatan masbro dirumah punya laptop sendiri yah, kalo nggak ini akan jadi crono yg paling mahal, soalnya beli laptopnya sendiri sudah 5jutaan… wkwkwkwk.. (udah mah mahal jelek lagi :D)
– saat running pertama program chrononya itu mesti di set dulu jarak antar 2 titik LEDnya, kalo mau dia juga bisa ngukur enegy dll, tapi masukin juga berat BB yang digunakan.
cara setting lengkapnya ada di file user guide dan readme dalam file downloadan
– yang saya jelasin diatas, bukan hasil karya atau ciptaan saya yah, sepenuhnya saya mencontek dari sumbernya forum luar yang ada di sini:
http://www.network54.com/Forum/79537/thread/1312148525/Poor+Man%27s+Electronic+Chronograph
semua gambar yang saya gunakan diatas juga saya ambil langsung dari pemiliknya, bukan gambar saya, punya saya belum sempet foto dan upload.
– Menurut pembuatnya, chrono ini sangat akurat, bahkan mengalahkan chrono bermerk, karena crono bermerk yang kebanyakan dijual komputer dan sensornya langsung sepaket didalamnya, dan terkadang di pengaruhi oleh kondisi cuaca, suhu dan lain2, kalo ini kan komputer yang ngitungin/kalkulasiin adalah laptop.
– masih menurut pemiliknya chrono ini jangan digunakan untu fire arm/senjata api yah, karena fire arm mengeluarkan semburan/percikan api yang kalo masuk ke dalam pipa bisa bahaya atau malah mantul., makanya biasanya chrono yang untuk fire arm bentuknya kayak antena gitu, bukan berarti chrono fire arm lebih bagus yah.

gitu aja deh masbro sekalian,
thks, dan selamat mencoba.

kalo bingung jangan tanya gw yah, tanya pembuatnya langsung aja, kan sudah gw cantumin sumbernya..
wkwkk..

berikut ini gw update penjelasan detail mengenai cara kerja dan beberapa trouble shootingnya.

Prinsip kerja
pada dasarnya dari yang saya pahami, alat ini menggunakan gelombang suara untuk menentukan kecepatan pergerakan object dari dua titik yang berbeda.
jadi pada saat running, program aplikasinya akan mengaktifkan device mixer dari komputer untuk mendengarkan input gelombang suara yang masuk secara simultan/continuously, karena antara IR LED dan receivernya dialirin listrik dc 1.5v maka pada kondisi diam, di perangkat mixer dia akan menghasilkan gelombang suara yg stabil, namun saat dilewati object, maka dalam aplikasinya akan terbaca panjang gelombang suara yang bebeda, nah perbedaan panjang gelombang antara 2 titik LED inilah yang jadi acuan untung menghitung kecepatan object.

Beberapa Trouble shooting
Gan beneran ini, saya malah sudah downlad tapi programnya error/ga jalan
aplikasi/programnya dibikin dengan menggunakan bahasa pemrograman VB(visual Basic) dan menggunakan library/dll : MSSTDFMT.DLL
dll ini adalah library bawaan VB, jadi kalo masbro kebetulan adalah seorang programmer seperti saya dan di dalam komputernya sebelumnya sdh terinstal VB, maka aplikasinya akan langsung jalan, buat yg belum instal VB dan ngapain juga nginstal kalo nggak dipake kan yah.
maka silahkan searching di google dgn keyword “download MSSTDFMT.DLL”, kalo ketemu download aja terus simpan misalnya di c:\download\
terus kalo sdh, cari/buka cmd(command) klik kanan lalu -> Run as administrator (harus di running sebagai administrator)
lalu masuk ke c:\download dan ketikkan : regsrv32 MSSTDFMT.DLL, kalo udah muncul pesan sukses, maka dijamin aplikasinya akan jalan.
baca cara menggunakan aplikasi di manual.pdf, tolong diperhatikan untuk parameter jarak led itu satuannya dalam feet atau meter, jadi kalo punya masbro jaraknya 30 cm maka tinggal di konversi ke meter atau feet.

Gan programnya sdh jalan, tapi nggak ada efek apa2 kalo digunakan,
baca lagi cara settingnya di manual.pdf pastikan setting micnya sdh aktif di system operasi/windowsnya, dan volumenya minimal 50%
untuk pengetesannya gampang, jalanin programnya, terus setelah jack mic di colok, coba konsletin(maksudnya sentuhin) kabel mic antara ground,left dan rightnya, maka akan muncul suara kresek2 dan di layar aplikasi akan ada perubahan angka FPS, maka kalo demikian berarti setting komputernya sudah bener, yang masalah berarti di perangkat LED dan pipa yang kita buat.
tapi kalo kabel colokan mic-nya di konletin ga ada bunyi apa2,
berati setting komputernya yg belum bener.
yg perlu di perhatikan adalah, alat ini di system operasi harus terdeteksi sebagai microphone, biasanya pada komputer/ laptop lama yang port/jack speaker dan micnya beda, biasanya nggak masalah, tapi kalo di laptop yang terbaru kan jack audio sama mic ini kan disatuin dan didetect oleh system operasi sebahai headset atau mic, nah masalahnya windowsnya nggak mendeteksi perangkat tsb sebagai microphone, saya sendiri menggunakan laptop jenis ini, tapi saya menggunakan system operasi linux ubuntu, yang kalo pas jacknya dicolokin akan muncul pilihan mau digunakan sebagai headset atau mic, lalu aplikasinya sendiri saya jalankan melalui VM Ware dengan windows 8, jadi nggak ada masalah.

kalo masih belum berhasil, silahkan cari referensi google sudah banyak yg sebelumnya bikin dan berhasil, berikut videonya, atau silahkan kontak pembuat pertamanya di thread yang saya cantumin sumbernya diatas.