July 3, 2016 Bermano Reiko

Masih Pindahan dari postingan lama di forum..

Permasalahan
Sebenarnya yang saya rasakan permasalahan utama dari hoby yang kita gandrungi ini adalah tingkat durability atau ketahanan dari part yang kurang memadai, walaupun hampir semua jenis airsoft made in taiwan sekarang sudah full metal, tapi sebagian besar part yang digunakan terbuat dari aluminium dengan teknik pengecoran/pencetakan, jadi dari segi kewaetannya maka sdh bisa dipastikan kualitas materialnya rendah, yah bisa dimaklumi kan cuma buat mainan doank…


tapi ada juga sih yang bikin custom unit yang full steel(baja) atau mungkin menggunakan part after market yang tebuat dari baja,
tapi untuk unit2 seperti ini kan haduhhhh… puyeng gw mikirnya… harganya edan…
contohnya unit berikut ini : http://www.redwolfairsoft.com/redwol…ed_Edition.htm
14jeti booooo….. 😛
kebanyakan unit yang dimaksud disini adalah untuk GBB yah, kalo AEG, rata2 partnya sebagian besar sdh bagus, apalagi part after marketnya
mungkin masbro sekalian punya permasalahan atau merasakan hal yang sama???
apalagi untuk airsoft2 yang japan made, saya sebenernya suka dengan akurasi airsoft2 bikinan jepun, finishingnya bagus, bagian yang terbuat dari metal basanya finishingnya menggunakan teknik anodizing(buat yang ga tau anodizing, silahkan googling aja, atau liat thread jualan gw yg glock) tidak seperti taiwan made yang biasanya permukaanya cuma di cat oven.
tapi yah gitu deh, kalo dicoba test dengan dikikir hasilnya kayak ngolesin keju aja (halah.., lebay.. )
saya pun sebelumnya di thread FJB airsoft menerima pesanan untuk membuat part clone airsoft dari bahan baja/steel (maaf sekarang udh closed)

Teknik Pengerasan Metal
Setelah lama bengong sambil ngelamun gitu yah, maka terlintas dipikiran saya, mungkin nggak yah material part yang kualitas materialnya rendah ini ditingkatkan…. hhhmmmm… browsing google…
dan setau saya, selama ini memang ada beberapa teknik yang digunakan dan memang sudah umum digunakan oleh beberapa tukang bubut,
tapi kali ini yang akan saya bahas adalah : Precipitation hardening atau disebut juga age hardening,
teknik ini adalah cara mengeraskan objek metal dengan memberikan heat threatment (panas) dengan suhu tertentu secara konstan dengan waktu yang tertentu (rada lama biasanya). makanya disebut dengan age(istilah untuk lama pemanasannya)
sumber ref: https://en.wikipedia.org/wiki/Precip…tion_hardening
di indo sendiri saya liat ada beberapa penelitian ilmiah termasuk yang dilakukan oleh universitas/mahasiswa salah satu contoh aplikasinya untuk membuat piston motor kualitas rendah menjadi setara kualitasnya dengan piston ORI.

nah untuk bahan aluminium sendiri (yang kita bahas aluminium kan yah, karena part airsoft terbuat dari aluminium)
berdasarkan artikel ini : http://www.hrpub.org/download/201307…013.010101.pdf
suhu optimal yang bisa digunakan berkisar antara 150 derajat celcius s.d 250 derajat celcius dengan waktu aging yang bervariasi pula.
nilai kekerasan maksimal didapat pada suhu sekitar 200 derajat.
(penggunaan suhu dibawah itu juga bisa, tapi mungkin tingkat kekerasannya tdk sebanding dengan suhu optimal)
Update: penggunaan suhu harus bener2 terkontrol, Jangan pernah menggunakan suhu diatas 250 derajat Celcius, beda merk beda kualitas bahannya.
saya sudah mencoba beberapa kali, material yang paling jelek justru saya dapatkan dari merk KSC (maaf nyebutin merk), merk KSC pada suhu 300 derajat sudah menunjukkan gejala kerusakan, sementara KJW malah jauh lebih bagus, pada suhu tsb masih aman2 saja. padahalkan harusnya aluminium melelehnya sekitaran 600, kemungkinan bahannya udah campuran

saya nggak akan membahas lebih detail, bagaimana landasan teory, proses dan rumus fisikanya bagaimana sebuah metal bisa mengeras dengan age hardening ini, silahakan baca sendiri:
http://www.totalmateria.com/page.asp…ite=ktn&NM=235
tapi saya sudah mencoba dengan beberapa inner part, salah satunya adalah sear handgun, dan saya perhatikan memang terlihat ada perubahan yang signifikan setelah di age hardening, tapi tentunya sampai saat ini pendapat itu sifatnya subyektif penilaian saya, karena saya nggak punya alat ukur atau parameter yang di jadiin acuan untuk mengukur tingkat kekerasan sebuah metal, jadi hanya berdasarkan feeling saja. (dan alat kikir tentunya )

Proses
Prosesnya bisa kita lakukan dengan memasukkan part kedalam tungku atau oven dan memberikan suhu tertentu(secara kontant) misalnya masukin ke oven, microwave atau apapun namanya itulah..
selama 8 jam secara terus menerus… hehhee.. (8 jam ini perkiraan saja, silahkan cari referensi detailnya, itu yang pernah saya lakukan, bahkan saya pernah bikin yang beberapa hari.. )
awas mohon diperhatikan kalo yang dimasukkan adalah part external, kemungkinan catnya akan mengalami kerusakan karena proses pemanasan, kecuali kalo yang dianodoze (bukan cat), dan jangan mengikut sertakan part yg berfungsi sebagai spring, karena pemanasan justru akan merusak elastisitas spring.

Kendala
Ternyata mahal juga yah prosesnya, harus punya oven, terus listriknya lumayan juga buat nyalain oven 8 jam-an.
yang ada nanti istri mencak2 karena ovennya rusak… wkkwwk….
kalo cuma untuk mengeraskan satu part kecil doank mah,,, yah jadinya kurang worthy… kecuali banyak part sekalian di proses secara bersamaan.

tapi yang saya sharing disini adalah BASIC infonya saja yah, beberapa waktu yang lalu saya ngelamun dan kepikiran cara sendiri yang bisa digunakan, kalo masbro2 sekalian kreatif, ada tips atau teknik yang bisa kita maanfaatkan disekitar rumah, yang memungkinkan biayanya nggak mahal, atau bahkan free/gratis. tapi yg ini saya masih simpen dulu yah, sebagai rahasia dapur.. belum di publish… hehehhe..

Note :
walaupun part pada prosesnya bertambah keras, yah apabila dibandingkan dengan kekerasan baja/steel tentunya masih dibawah, apalagi kalo baja yang sudah di hardening…

sekian dulu..
sama seperti thread2 saya sebelumnya, yang mau komen dan kritik silahkan asalkan kriitik yang sifatnya membangun, kalau hanya kritik untuk menjatuhkan mendingan tdk usah ikut komentar,
anda percaya silahkan…
nggak percaya, ragu, ya sudah tinggalkan dan ga usah coba. v^_^

thks..