Scanner Diagnostic Honda OBD1 Civic EG(Genio Estilo) Cielo Maestro Odyssey City

September 5, 2019
Posted in Car
September 5, 2019 Bermano Reiko

— Scanner Diagnostic Honda OBD1 Civic Genio Estilo Cielo Maestro Odyssey City –. for English version check this post

Mobil modern keluaran terbaru (tahun 2002 keatas untuk eropa dan asia) memiliki protokol komunikasi standard untuk komunikasi data dengan ECU (komputer mobil), yaitu OBDII.
–dibuat standard awalnya karena di US ada regulasi/aturan yg mengatur semua jenis kendaraan mulai th 1996 untuk bisa dijual di US harus OBDII–.

Pemesanan / Pertanyaan via contact
Beli Langsung dengan owner || Contact

Dengan OBDII ini kita bisa melakukan scan diagnostic, menampilkan semua data dari ECU ke perangkat PC, laptop, HP, atau bahkan ke HeadUnit mobil.

My Dashboard :

Mengecek masalah yg ada di mobil, (jika ada trouble) langsung ketahuan part yang mana yg bermasalah berikut detail penjelasannya. (baca error code dari kedipan lampu CEL kan susah buat orang awam, apalagi kalo errornya lebih dari 1, dan tdk jarang kode eror tdk muncul karena pengkabelan, lampu CEL yg mati, ecu yg error atau pernah ada juga yg check enginenya sdh diakal-akalin supaya error ga tampil di dashboard 😀 ). Menampilkan Engine Load, konsumsi BBM, RPM dan speed, Volt, analisis akselerasi, Horse Power (seperti mesin dyno), suhu mesin, boost dan masih banyak sekali fungsi yang lain.
Tentunya sebagai antisipasi agar kerusakan / error tidak berlanjut.

itulah kelebihan protokol OBDII,

Lalu bagaimana dengan mobil keluaran lama yang masih menggunakan OBD1 (Genio, Estilo, Maestro, Cielo dll)?

Tentunya tidak bisa. Walaupun didalam ECU terdapat data yang sama tapi protokol komunikasinya berbeda dan tidak standard seperti OBD2 (spesific manufacture).

Alat yang saya tawarkan ini berfungsi sebagai scanner sekaligus translator/penterjemah antara protokol OBDII yang standard saat ini digunakan oleh mobil modern agar bisa berkomunikasi dari dan ke ECU honda lama yang masih menggunakan OBD1.

Mobil apa saja yang bisa di support?
Mobil honda keluaran lama yang masih pake OBD1. Seperti genio, estilo, city, accord, Del Sol, Integra, CRX, EG, EK, EH dan lainnya (keluaran sebelum th 2002). Simplenya yang port dignosticnya menggunakan 3 PIN (3+2 -> 3pin port diagnostic, 2 pin jumper CEL Code).

Kelebihan Scanner Diagnostic Honda OBD1 (Civic Genio Estilo Cielo Maestro Odyssey City) ini apa?

Yang jelas sangat-sangat MURAH dibandingkan scanner OBD1 khusus Honda yg biasa ada di dealer. Karena scanner OBD1 ini spesific manufactur artinya scanner buat honda cuma bisa dipake di mobil honda saja. Kalo cek referensi online harganya berkisar belasan juta.
karena nggak umum dan kebanyakan sudah discontinue (product lama, udah nggak dijual lagi).

Interface/tampilannya enak dilihat dan mudah dimengerti. Scanner obd1 kebanyakan masih pake interface konsol (seperti HP tahun 90an) atau malah masih monocrome.
Aplikasi OBD2 yg sekarang RPM,Speed, Volt bisa ditampilkan dalam bentuk tachometer atau grafik dan bisa dicustome, enak juga ditaroh di dasboard sebagai aksesories.

–Contoh Tampilan custome dijadikan sebagai Head UP Display di kaca depan Scanner Diagnostic Honda OBD1 Civic Genio Estilo Cielo Maestro Odyssey City–

Plug and play (tinggal colok aja). Pasang di colokan port scanner 3pin, lalu jalanin aplikasi scanner diagnostic OBD2nya. Nggak ribet seperti scanner OBD2 universal yang harus setting dulu protocol, bandwith/data transfer rate dll. Karena ini memang dibuat sesuai dengan spesifikasi ECU honda, jadi langsung jalan.

Bisa dijalanin di tablet / HP / Laptop bahkan HU sehingga bisa digunakan untuk mengganti dasboard. Terlihat lebih modern dan lebih lengkap dari mobil terbaru sekalipun 😀
Lebih tepatnya bisa digunakan untuk konversi semua indikator didashboard yg berupa jarum analog menjadi digital.

Dan tentunya HP/Tablet adalah perangkat yang sdh pasti selalu kita bawa kemanapun saat bepergian .

Dan sesuai update terakhir, alat ini saya tambahkan fitur buzzer dan realtime checking, dimana kita akan mendapat peringatan awal (walapun aplikasinya sedang tidak dijalankan di HP).

Berdasarkan pengalaman pribadi, setiap sensor / komponen yang rusak (MAP, IAT, TPS, Busi dll) dan sudah mesti diganti biasanya tidak langsung mati begitu saja, tapi bisa dideteksi lebih awal. Contohnya busi sebelum benar2 mati biasanya ada error missfire. Jadi saat kita tahu lebih awal nggak nunggu sampai mogok dulu dijalan untuk diganti/diperbaiki (yah minimal dibersihin/dicek lah).
Di honda lama, nggak semua error itu ada indikatornya yah bro. Contohnya pada IAT, check engine baru nyala kalo kabelnya nggak konek/putus. Tapi kalo IAT terlalu panas(misal >60 derajat) malah check enginenya nggak nyala. Idealnya IAT itu 10-20 derajat diatas ambeient temperature. Akibatnya kalo IAT dideteksi oleh ECU panas maka ECU akan mundurin timing pengapian (terlalu mundur). Ini akan berasa tenaga jadi berkurang, itu salah satu contoh saja.

Buat yang akan melakukan perjalanan jauh tentunya lebih nyaman saat kita tahu ada yang selalu memastikan kondisi kendaraan berada dalam kondisi terbaik, apalagi untuk kendaraan tua. Ditambah saat jauh dari bengkel atau bengkel nggak ada yang buka, minimal kita bisa tau info dan peringatan awal saat ada masalah.

Pernahkah masbro mengalami suatu saat dalam perjalanan tiba2 mobil berasa kurang tenaga, ngempos atau lebih parahnya mesin pincang atau bergetar?
(curhatan temen nih : nelp montir langganan, montirnya sok2an/sombong lg banyak order, mau derek mahal, ke bengkel jauh. wkwkwkwkw.
yah begitulah. mungkin masbro banyak dosa yah *kidding, udh dikasih tau untuk pasang scanner tapi merasa nggak perlu. Dan permasalahannya terkadang sangat sederhana,  cuma ada sensor yg soketnya longgar atau copot).

Dalam kondisi seperti ini, lalu apa yang akan masbro lakukan??. 
Buka kap, check mesin terus mulai raba2 ini itu. 
Tapi pertanyaanya kalo buat orang awam nih, mulai dari mana?.
Kalo tanya saya, saya akan mulai dari buka HP, lalu check fault code dan realtime monitoring (as simple as that.). 😀
Saya termasuk orang yang suka ngoprek mesin sebetulnya, dan terkadang dari suara mesin dan gejalanya kita sudah bisa menebak permasalahannya. Tapi buat saya kalo sekarang sih yah mendingan yang pasti2 aja. Mobil saya kalo udah panas dan idle, injector akan menyemprotkan bensin 14-15cc per menit, kalo kurang dari itu yah problem di suplai bahan bakar (injector, jalur bensin, filter bensin dan seterusnya, ini dulu yang akan saya perhatikan)

Paket sudah lengkap tinggal pake atau pasang/colok aja. 
Berikut ini prototipe pertama saya untuk versi terbaru, lebih compact tanpa 16 pin port OBD2, jadi lebih simple colok langsung nyala bluetoothnya dan siap digunakan. Tapi fiturnya sama saja dgn yang versi awal yang menggunakan kabel converter 3-16pin honda. Tetap ada buzzer dan beep warningnya juga.

Final Version of Scanner Diagnostic Honda OBD1 Civic Genio Estilo Cielo Maestro Odyssey City

Cara Baca Error Kode CEL Honda cek disini

Pesan langsung dengan owner https://shop.reiko.web.id/product/scanner-live-data-monitor-honda-obd1-genio-estilo-cielo-city-lama-dll/

Baca juga FAQ dibawah, kumpulan pertanyaan2 dari beberapa user sebelumnya.

–Thks.

 

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

FAQ about Scanner Diagnostic Honda OBD1 Civic Genio Estilo Cielo Maestro Odyssey City.

Lihat FAQ

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

FAQ

1. Q: mas bisa untuk mobil toyota/nisan/lancer xxx dll ga mas?
A: Ini pertanyaan yang paling banyak sekali masuk, jawabnya GA BISAAAA. Kan udh dijelasin diatas klo obd1 itu spesific manufacture, socketnya aja tiap merk beda.
Bisa bikin ga mas buat mobil xxx?. Ga bisaa juga, kecuali masbro mau hibahin mobilnya buat saya pretelin, tapi habis dipretelin ga balik lagi lho yah… 😛

2. Q: scanner OBD2 biasanya mesti beli bluetooth adapter seperti elm 327, apakah saya mesti beli lagi bluetooth adapternya?
A: nggak perlu, board microcontrollernya sudah saya tambahin module bluetoothnya, jadi tinggal pake / colok aja ke mobil.

3. Q: Kalo saya beli cable converter Honda 3 ke 16 pin + bluetooth adapter elm 327 apakah bisa jalan di Honda OBD1?
A: nggak jalan pastinya, cable tsb dipake di beberapa “scanner khusus” obd2 yang juga bisa baca ecu obd1, jadi mesti beli scannernya lagi yang harganya lumayan, dan fungsionalnya pun terbatas hanya baca error code dan sensor saja 😀

4. Q:Mobil saya “XXXX” support nggak?
A: Yang pertama check dulu mobilnya mereknya HONDA apa bukan,
terus kalo honda cek konektor scan socketnya yg 3 pin atau bukan, kalo iya maka support.

5. Q:liat socket konektornya dimana?
A: Biasanya honda lama dibawah dasboard sebelah kiri (sisi penumpang, dibawah laci dekat ECU), cari socket yang seperti gambar.

Scanner Diagnostic Honda OBD1 Civic Genio Estilo Cielo Maestro Odyssey City

Scanner Diagnostic Honda OBD1 Civic Genio Estilo Cielo Maestro Odyssey City

6. Q:Perlu dijumper nggak yang dua pin? seperti check kedipan CEL?
A:Nggak usah. 😀

7. Q: alat ini bisa saya pasang secara permanent (tanpa dilepas) di kendaraan?
A: Bisa, tapi dengan catatan jalur power dari socket ECU itu langsung terkoneksi ke AKI, jadi walaupun kontak off, Memory ECU dan alat akan tetap standby, cara lainnya adalah seperti yang dijelaskan dalam gambar berikut.

Selection_109
socket 3 pin ecu / socket diagnostic potong kabel yang tengah lalu bikin sambungan ke kabel positif cigarete/lighter atau colokan charger HP
(kalo di gambar itu langsung ke box sekring, lebih gampang ambil ke kabel positif (+) belakang colokan charger, sama aja).
jadi intinya saat kontak off alat juga ikut off. biar aman.

8. Q: Apakah aman untuk digunakan setiap hari atau permanent di kendaraan?
A: Aman gan, dijamin, Scanner Diagnostic Honda OBD1 Civic Genio Estilo Cielo Maestro Odyssey City fungsinya hanya baca informasi yang memang sudah disediakan oleh ECU, (tidak melakukan manipulasi/remap,dan tidak mengganggu kinerja ECU itu sendiri),
di mobil saya sudah menempel lebih dari 3 tahun dan terus berjalan.

9. Lalu kenapa harus dikonversi ke pengkodean OBD2, nggak dalam format Obd1 saja?
Teknologi itu terus berkembang, aplikasi OBD2 juga fiturnya terus berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi kendaraan modern. Contohnya ada fitur pengukuran Horse power, analisis akselerasi, data log online, map/gps tracking, pemakaian bensin untuk 1 liter dapat berapa km dll. Untuk pemakaian bensin, kalo masbro perhatikan data yang digunakan kan pada dasarnya ada di setiap ECU, yaitu data jumlah bensin yang disemprotkan injector dan jarak tempuh. Tapi kalo di aplikasi obd2 data tersebut telah diolah menjadi informasi yang lebih berguna yaitu konsumsi BBM Short term dan long term.
Aplikasi scanner obd1 yah nggak ada. Terus fitur tambahan realtime checking fault code dan beep warning walaupun saat aplikasi nggak dijalankan di HP yah nggak ada juga.

10. Gan cara cek alat ini bekerja checking error gimana?
Nyalain mesin atau kontak on, terus cabut salah satu sensor sprt: TPS atau IAT atau MAP atau sensor panas yg dibawah koil. Kalo aplikasinya dijalankan, maka cek di menu “Check Error”, kalo nggak jalanin aplikasi maka selang beberapa menit akan ada bunyi beep..beep terus menerus.
Tapi setelahnya reset ECU/Clear fault codenya yah via aplikasi, kenapa?? penjelasannya cek disini

11. Cara Baca Indikator / sensor value di ECU Honda gimana?
-. Silahkan check di post ini untuk lebih lengkapnya.

12. Cara setting koneksi aplikasi ke adapter
cek disini