Reset ECU Honda Obd1 via aplikasi OBD2

March 12, 2020
Posted in Car
March 12, 2020 Bermano Reiko

Reset ECU Honda digunakan untuk merefresh data memory ECU serta mengembalikan parameter2 yang digunakan ECU kembali ke pengaturan/ setting standardnya.

Biasanya saat ECU membaca ada masalah/error dari beberapa sensor utama, maka ECU akan bekerja menyesuaikan parameter tersebut, serta biasanya data error tersebut akan disimpan di memory ECU, ini juga berlaku saat kita mencabut beberapa sensor dan terdeteksi sebagai error di ECU, jadi kita mesti melakukan reset.
Kenapa?? karena di honda apabila ECU mendeteksi beberapa sensor utama error, maka dia akan masuk ke limp mode / safe mode (dalam mode ini walaupun semua keliatan normal, tapi ecu membatasi performance mesin tidak dalam level tertinggi, tujuannya sederhana supaya kalo ada masalah nggak mati dijalan dan bisa nyampe rumah).
Limp mode / safe mode biasanya membatasi RPM mesin di angka 6rb atau 7rb RPM.
memang kalo bukan mobil buat track-trackan yah driver nggak akan notice juga,
karena umumnya di jalan raya kita nggak pernah menggenjot sampai RPM tsb juga.

untuk reset ECU honda sebenernya sederhana, cukup cabut aki beberapa saat, tapi dengan alat converter yang saya buat (scanner diagnostic honda obd1) reset ECU cukup reset dari aplikasi saja (akan langsung kedengaran beda suara mesinnya kalo lagi nyala), ini tentunya mempermudah jadi tidak perlu setel ulang jam dashboard, dan HU apalagi kalo HUnya rada bagus kan kalo cabut aki mesti setting ulang semua dari radio, tv tuner, equalizer dll.
caranya masuk ke menu check Error / check Fault Code-> terus ke menu Setting -> setelah itu pilih Clear Fault Code.

Adapter scanner bisa Pesan langsung dengan owner di https://shop.reiko.web.id/shop/
atau Pesan di Tokopedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *